Tak Ada Solusi, Warga Singkuang 1 Ancam Nginap di Gedung DPRD Madina

Ratusan warga Desa Singkuang 1 Kecamatan Muara Batang Gadis (MBG) Kabupaten Mandailing Natal (Madina) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) yang menggelar aksi damai di depan Gedung DPRD Madina, menegaskan akan menginap apabila tidak ada solusi dalam permasalahan antara warga dan PT Rendi Permata Raya.

topmetro.news – Ratusan warga Desa Singkuang 1 Kecamatan Muara Batang Gadis (MBG) Kabupaten Mandailing Natal (Madina) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) yang menggelar aksi damai di depan Gedung DPRD Madina, menegaskan akan menginap apabila tidak ada solusi dalam permasalahan antara warga dan PT Rendi Permata Raya.

Pernyataan itu disampaikan Ketua Koperasi Hasil Sawit Bersama (HSB) Safiuddin saat menyampaikan orasi yang diaminkan warga Desa Singkuang 1 yang menggelar aksi, Rabu (7/6/2023).

“Apabila dalam permasalahan yang sudah belasan tahun terjadi belum juga ada solusinya. Maka kita akan melakukan aksi ‘menginap’ di gedung perwakilan rakyat ini. Sampai solusi yang berkeadilan kita dapatkan,” kata Safiuddin sembari mendapat sorak dukungan dari warga peserta aksi.

Seperti yang disampaikan Safiuddin alias Buyung Omak sebelumnya. Permasalahan antara warga Singkuang 1 dengan perusahaan perkebunan kelapa sawit PT Rendi Permata Raya ini sudah 18 tahun terjadi.

Mulai dari berdirinya PT Rendi di Kecamatan MBG hingga saat ini, warga Desa Singkuang 1 belum pernah merasakan ataupun menikmati hasil plasma. Padahal itu seharusnya menjadi hak mereka.

Bukan malah hak yang mereka peroleh sebutnya. Selama ini hanya pecah belah dan intimidasi yang warga dapatkan. Maka atas kejadian ini, untuk mendapatkan keadilan, warga Desa Singkuang 1 hadir ke gedung perwakilan rakyat. Untuk mengadukan permasalahan ini ke DPRD Madina.

Pantauan wartawan, aksi damai ratusan warga Desa Singkuang 1 ini mendapat pengawalan ketat dari aparat Polres Madina.

Dan hingga berita ini tayang, belum juga ada terlihat seorang pun anggota perwakilan rakyat ataupun pejabat terkait yang menemui warga aksi.

reporter | TIM

Related posts

Leave a Comment